Senin, 09 November 2015

Gejala Pemanasan Global

Siang ini terasa begitu panas. Saat pulang sekolah segera kupakai jaket dan sarung tanganku untuk melindungi kulitku dari sengatan sinar matahari  saat itu. Ternyata sarung tangan tak kuat menahan panasnya matahari. Alhasil, kulit tanganku tampak belang (beda warna). Aku juga sedikit khawatir karena menurut penelitian yang kudengar sinar matahari di atas pukul 10 pagi itu tidak sehat. 
Sinar matahari memang memancarkan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet juga menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker kulit. Panasnya sinar matahari terjadi akibat menipisnya lapisan ozon. Menipisnya lapisan ozon disebabkan oleh pemanasan global.
Jadi, Semua hal yang kualami hari ini merupakan efek dari pemanasan global.
Penyebab pemanasan global :
A. Meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor
Hal ini menyebabkan kadar Karbon Monoksida di udara menjadi meningkat. Sehingga setiap sinar ultraviolet yang jatuh ke bumi dan dipantulkan lagi oleh permukaan bumi. Sinar ultraviolet yang dipantulkan kembali itu menabrak lapisan karbon monoksida di udara. Sehingga panas matahari dipantulkan lagi ke bumi dan begitu seharusnya. Hal ini dapat mengakibatkan efek rumah kaca. Sehingga udara di permukaan bumi menjadi panas.
B. Penebangan pohon
Pohon merupakan sumber air dan sumber oksigen bumi. Pohon juga dapat mengatasi polusi udara. Penebangan pohon dapat mengakibatkan polusi udara semakin besar. Sehingga pada akhirnya dapat mengakibatkan pemanasan global.
C. Pembakaran sampah
Pembakaran sampah dapat menyebabkan kadar karbondioksida di udara meningkat. Sehingga dapat menyebabkan polusi udara juga.
D. Penggunaan kulkas dan AC secara berlebihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar